4rss

Melamine pada Susu Formula Bayi

In Healthy Life on September 24, 2008 at 3:35 am

Susu formula bayi kini jadi tertuduh lagi. Bukan di Indonesia, tapi di China. Hal ini diungkapkan China Daily 10 September 2008 kemarin. Dilaporkan oleh harian tersebut, dalam selang waktu dua bulan ini, terdapat 14 pasien bayi di rumah sakit kota Lanzhou, ibu kota propinsi Gansu yang mengidap penyakit yang lazim terdapat pada orang dewasa. Bayi-bayi tersebut memperlihatkan gejala yang sama, sulit untuk mengeluarkan air seni dan sering muntah-muntah. Kuat dugaan, bayi-bayi yang belum berusia 11 bulan tersebut mengidap kencing batu karena meminum susu formula bermerek dagang Sanlu, merek yang populer di Cina. Pihak pabrik susu Sanlu sendiri yang tengah diperiksa polisi membantah produk mereka sebagai penyebab penyakit tersebut, dan mengatakan susu penyebab kencing batu tersebut merupakan susu Sanlu palsu.

“Sesungguhnya, amat jarang bayi menderita kencing batu, apalagi dalam jumlah yang cukup besar secara bersamaan”, demikianlah komentar dokter Zhang Wei, ahli urologi dari rumah sakit tentara Cina. Bayi-bayi malang tersebut sama-sama berasal dari sebuah desa terpencil yang meminum susu yang diduga mengandung bahan yang tidak layak dikonsumsi bayi. Penelitian kini sedang ditingkatkan untuk mencari korban ditempat lain.

Peristiwa ini mengingatkan orang pada kematian 13 bayi dipropinsi Anhui tahun 2004, yang melibatkan susu bermerek Sanlu juga. Bayi-bayi tersebut meninggal akibat rawan gizi setelah berbulan-bulan meminum susu formula substandar yang minim protein dan zat gizi lainnya. Kejadian ini memang terjadi di Cina. Tapi ada baiknya kita waspada, siapa tahu ada importir nakal yang diam-diam memasukkannya ke Indonesia. Karena itu hindarilah mengkonsumsi susu yang tak jelas – walaupun jauh lebih murah. Selama kita mengkonsumsi susu yang terdaftar di Badan POM, Insya Allah akan aman-aman saja.

Teka-teki penyebab banyaknya bayi di Cina mengidap kencing batu terjawab sudah. Akhirnya pabrik susu terkemuka dari China, Sanlu, mengakui bahwa susu formula mereka terkontaminasi melamin, zat kimia beracun yang biasa digunakan untuk pembuatan plastik, pupuk dan produk pembersih. Sebelumnya seorang pejabat departemen kesehatan China menyatakan: pada susu Sanlu diketemukan jejak tripolycyanamide yang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. bayi.jpg (Sampai 18 September 2008 tercatat 6244 bayi di seluruh Cina terkena penyakit kencing batu: 3 orang di antaranya meninggal dunia – dan 94 orang di antaranya terkena gagal ginjal akut)

Menurut keterangan seorang pejabat pemerintah Cina, keluhan terhadap produk Sanlu sudah mulai muncul sejak Maret 2008, dimana ada laporan air seni bayi-bayi yang meminum susu produk Sanlu menjadi tidak bewarna – lain dari biasanya, dan ada pula bayi yang dirawat di rumah sakit. Karena kelalaian dan tidak cepat tanggap, kecurigaan tentang ketidak beresan ini sayangnya tidak ditindak lanjuti dengan penarikan segera susu yang bermasalah. Pabrik Sanlu baru menyadari masalahnya menjadi sangat gawat setelah jumlah korban menjadi banyak dan kondisinya semakin berat pada September 2008. Su Chang Seng, salah satu direktur dari Sanlu Group membela diri dengan menyatakan kepada wartawan bahwa kesalahan tidak terdapat pada proses di pabrik Sanlu, tetapi berasal dari bahan baku yang mereka beli dari petani susu. “Pabrik susu dimanapun tidak pernah memiliki standar kerja untuk memeriksa melamin,” katanya. Produk Sanlu yang sekarang kami tarik adalah produk yang dibuat sebelum 6 Agustus 2008, produk yang dibuat setelah itu kami jamin aman, ucapnya lebih jauh.

Tahun lalu melamin juga tercampur dengan makanan hewan yang diekspor Cina ke Amerika, menyebabkan kematian ribuan hewan peliharaan yang mengkonsumsi makanan tersebut, yang memicu pelarangan dan penarikan produk cina tersebut di seluruh AS. Melamine ditambahkan pada produk makanan oleh pengusaha nakal karena dapat memberikan citra kaya protein pada bahan makanan, di samping dapat menipu test laboratorium . Melamine sendiri kaya akan nitrogen, sedangkan test laboratorium untuk protein adalah menentukan kandungan nitrogen.

Sementara pabrik susu Sanlu menarik 700 ribu ton susu produk mereka dari pasar, polisi Cina kini memeriksa beberapa tersangka penyebab skandal susu ini, diantaranya puluhan petani susu/ pemasok susu segar (bahan baku susu formula). Diduga keras ada pemasok susu segar yang kepincut untung besar mengencerkan susu segar yang akan dikirim ke pabrik susu dan menambahkan melamin agar jejak-jejak pengenceran tidak terlihat oleh pabrik susu Sansu yang sebagian sahamnya dimiliki oleh perusahaan susu Selandia Baru yang kondang di banyak negara, Fonterra Co-operative Group Ltd. Dan kelihatannya pemerintah Cina akan menjatuhkan sanksi hukuman mati bagi yang bersalah dalam kasus susu tercemar melamin ini, karena sangat merusak citra Cina di dunia internasional.

FDA, Badan POM Amerika, sehari setelah skandal susu formula di Cina tersiar, segera memberikan pernyataan agar warga AS menghindari penggunaan seluruh susu formula dari Cina. FDA meyakinkan konsumen bahwa produk susu Amerika sendiri aman untuk dikonsumsi, karena FDA tidak pernah meloloskan susu Cina untuk diedarkan. Namun , tak tertutup kemungkinan susu Sanlu tersebut dijual secara ilegal, seperti yang biasa terdapat di toko-toko di daerah Pecinan. Sementara itu, perwakilan WHO di Cina, Hans Troedsson, aktif berkomunikasi dengan pemerintah Cina, dan senantiasa memonitor kejadian ini untuk memastikan dampaknya tidak meluas ke negara-negara lain.(apotekputer.com)

TOLONG DI FORWARD.. (ANDA MUNGKIN MENYELAMATKAN JIWA SEORANG ANAK) BERIKUT INI ADALAH PRODUK-PRODUK MAKANAN YANG TELAH DITARIK DARI PEREDARAN DIKARENAKAN KONTAMINASI MELAMIN (BAHAN DASAR PEMBUAT PLASTIK) DI SUSU YANG DI PRODUKSI DI CHINA. MELAMIN DICAMPUR KE SUSU UNTUK SECARA BERBAHAYA /ILEGAL UNTUK MENINGKATKAN SECARA PALSU KANDUNGAN PROTEIN DALAM PEMERIKSAAN KANDUNGAN MAKANAN. BERIKUT INI PRODUCT YANG BERBAHAYA DAN DITARIK DARI PEREDARAN –> COKLAT M&M’s, COKLAT BATANGAN SNICKERS, MENTOS YOGURT, BISKUIT NABISCO, COKLAT BATANGAN DOVE, WAFER OREO, WANT WANT ONE BABY BITES, SUSU DUTCH LADY, PERMEN LEMBEK SUSU CAP KELINCI PUTIH (YANG SERING KITA MAKAN BERSAMA DENGAN PLASTIKNYA WAKTU KECIL) DAN SEMUA MAKANAN YANG MENGANDUNG SUSU BUATAN CHINA SEPERTI COKLAT, ROTI, PERMEN, KUE DLL

Press Release : Seputar Indonesia

Produk-produk yang harus ditarik dari peredaran antara lain:

Jinwel Yougoo – Susu permentasi rasa jeruk

Jinwel Yougoo – Aneka buah

Jinwel Yougoo – Tanpa rasa

Guozhen – Susu bubuk full cream

Meiji Indoeskrim Gold Monas – Rasa coklat

Meiji Indoeskrim Gold Monas – Rasa vanilla

Oreo Stick Wafer

Oreo Coklat Sandwich Cookies

M&M’s – kembang gula coklat susu

Snicker’s Biscuit – nougat lapis coklat

Dove Choc

Natural Choice Yoghurt – Flavoured ice bar

Yili Bean Club – Matcha red bean ice bar

Yili Prestige Chocliz

Yili Chesnut ice bar

Nestle Dairy Farm UHT – pure milk

Yili High Calcium – low fat milk beverage

Yili High Calcium – milk beverage

Yili pure milk 205 ml

Yili pure milk 1000 ml

Dutch lady strawberry – flavoured milk

White rabbit creamy candy

Yili choice dairy frozen yoghurt bar (kembang gula)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: