4rss

Xerox Mengadakan Percobaan Dengan Kertas Erasable

In Science on October 13, 2008 at 6:00 am

Empat puluh persen dari semua hasil print komputer kantor dibuang tiap hari. Seandainya kertas bisa dihapus dan digunakan kembali… 

Xerox sedang berusaha untuk membuat hal itu menjadi nyata… 

Perusahaan ini membuka peluang pemakaian kertas yang dapat dihapus dan digunakan kembali kepada publik untuk pertama kalinya pada acara pameran di WIRED NextFest di Chicago. Kertas yang bersifat percobaan ini dapat dicetak berulang kali, mengurangi penggunaan kertas di dalam kantor dan memotong barang sisa balik.

Kertas itu dilapisi dengan bahan kimia yang bereaksi terhadap terang suatu panjang gelombang yang spesifik. Ketika kertas itu dikenai panjang gelombang itu, ia akan menciptakan teks yang kelihatan di halaman. Di dalam 24 jam, kertas menghapus diri sendiri dan dapat digunakan lagi. 

Teknologi itu masih dalam status pendahuluan. Riset itu adalah kerja sama antara Xerox Research Centre dari Canada (XRCC) dan Palo Alto Research Center, Inc., yang ada di California. 

“- Meskipun kami bergantung pada komputer-komputer untuk berbagi dan memproses informasi, tapi masih ada ketergantungan yang kuat pada halaman yang dicetak untuk membaca dan menyerap konten,” berkata Paulus Smith, manajer desain bahan-bahan baru XRCC dan laboratorium sintese. “Tentu saja, kami semua suka menggunakan lebih sedikit kertas, tetapi kita mengetahui dari pelanggan-pelanggan bahwa banyak orang masih lebih suka bekerja dengan informasi secara tertulis.”

[sumber: earth911.org]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: