4rss

Reset password menggunakan PHPMyAdmin | Reset a WordPress Password from phpMyAdmin

In Science on January 26, 2012 at 4:22 am

Jika Anda mengelola WordPress dan untuk beberapa alasan, mungkin karena ulah seorang hacker, Anda tidak lagi memiliki akses ke panel administrasi dengan menggunakan nama pengguna dan password Anda, maka mungkin sudah saatnya untuk mengubah informasi username dan password menggunakan database dalam WordPress.

Bahkan jika Anda tidak memiliki CPanel, Anda harus memiliki akses ke phpMyAdmin. Sangat sederhana, tetapi kuat, aplikasi yang memungkinkan Anda kontrol atas database Anda, dan dapat dengan mudah digunakan untuk mengubah semua jenis informasi yang disimpan dalam database MySQL yang dikelola.

Langkah 1: Apakah Anda tahu cara menggunakan Database WordPress?

Sebelum kita melakukan apa pun, kita harus pastikan nama database WordPress digunakan. Jika Anda hanya memiliki satu instalasi sistem WordPress, ini bukan masalah. Jika Anda telah menggunakan sarana otomatis menginstal WordPress, Anda mungkin tidak ingat apa nama database yang Anda gunakan.

Lebih buruk lagi, jika Anda seperti saya dan memiliki lebih dari selusin WordPress instalasi tersebar di beberapa database yang berbeda, dengan beberapa menggunakan database yang sama, mencari tahu yang mana yang Anda perlu mengubah, hal itu akan dapat menjadi sebuah mimpi buruk.

Cara termudah untuk mengetahui database yang Anda gunakan untuk FTP ke hosting Anda, dan membuka file wp-config.php dengan editor teks. Ini akan memberi Anda nama database, yang akan kita gunakan nanti dalam tutorial ini.

Langkah 2: Mengakses ke phpMyAdmin

Database MySQL Link di CPanel, kemungkinan besar Anda memiliki sebuah tombol yang disebut MySQL database.

Mengklik tombol itu akan menampilkan daftar semua database Anda saat ini, serta informasi lainnya. Jangan khawatir diri Anda dengan semua ini sekarang. Pindah ke bagian bawah halaman, di mana harus ada link yang tertulis “phpMyAdmin”.

Langkah 3: Mencari pengguna/ user
Jendela baru kemungkinan telah dibuka. Ini akan memiliki dua panel. Di sisi kiri, Anda akan memiliki daftar database. Klik pada satu yang berkaitan dengan instalasi WordPress yang akan kita kerjakan.

Carilah tabel yang bernama wp_users di panel sebelah kiri. Biasanya item terakhir dalam daftar.

* Catatan: Jika prefix tabel WordPress Anda bukanlah wp_ maka Anda tentu saja akan mencari tabel user awalan kustom Anda sendiri. Anda dapat menemukan awalan Anda dalam file wp-config.php.

Klik pada link tabel pengguna, dan dalam panel kanan, informasi akan berubah. Di bagian atas harus ada beberapa link. Klik “Browse”.

Langkah 4: Mengedit Password

Anda akan melihat ada sebuah field yang disebut user_pass. Field ini menyimpan password di WordPress. Temukan usernam yang akan diedit, lalu klik gambar pensil di samping x merah. Ini akan memungkinkan untuk mengedit entri.

Anda akan melihat password aneh, dan teks yang tidak biasa. Hal ini karena alasan keamanan, WordPress menyimpan password sebagai MD5 hash.

Kita tidak bisa hanya memasukkan password teks biasa, harus mengganti dengan format field password MD5 hash.

Untuk membuat MD5 hash, saya biasanya hanya mencari di mesin pencari dengan kata kunci “online MD5 hash” di Google, dan muncul beberapa tools online yang banyak untuk menciptakan format MD5 hash.

Contoh: Javacript MD5

Dengan tool tersebut, saya masukkan password apa yang saya inginkan, klik tombol proses, dan secepat itu muncullah password dengan format MD5 hash yang nanti akan kita masukkan di field user_pass.

Klik “Go” untuk menyimpan perubahan, dan kemudian masuk ke WordPress menggunakan password baru Anda.

Sidenote
Jika seorang hacker mampu mengubah sandi Anda, atau informasi lain di WordPress, upgrade password Anda adalah menjadi salah satu hal pertama yang harus ada di pikiran Anda.

sumber: http://is.gd/ecare7

  1. Helpful info. Fortunate me I discovered your web site accidentally, and I’m stunned why
    this coincidence didn’t came about earlier! I bookmarked it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: